BALAI PENGELOLAAN PENGUJIAN PENDIDIKAN
TES POTENSI AKADEMIK

PETUNJUK UMUM

Asesmen Bakat dan Minat ini dimaksudkan untuk mengukur potensi seseorang pada tujuh aspek kemampuan (verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, penggunaan bahasa, dan klerikal) serta minat pada kegiatan atau bidang pekerjaan tertentu. Asesmen ini diharapkan dapat membantu Anda untuk mengenal potensi dan minat diri, sebagai alat refleksi, sehingga penyesuaian terhadap tujuan, cita-cita pada program studi atau bidang pekerjaan tertentu dapat dilakukan lebih terarah.

Asesmen ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah asesmen bakat dan bagian kedua adalah asesmen minat. Asesmen bakat terdiri dari 160 butir soal dengan waktu pengerjaan 120 menit. Terdapat 14 bagian dalam asesmen bakat yang memiliki petunjuk dan waktu pengerjaan masing-masing. Asesmen minat memiliki jumlah soal 108 butir dengan waktu pengerjaan 30 menit. Di antara asesmen bakat dan asesmen minat terdapat waktu jeda/istirahat selama 5 menit.

Alur pengerjaan adalah sebagai berikut:

I. Asesmen Bakat

   A. Verbal

  1. Analogi (10 soal)
  2. Pemahaman Bacaan (10 soal)

   B. Kuantitatif

  1. Deretan Bilangan (8 soal)
  2. Perbandingan Kuantitatif (10 soal)
  3. Tabel/Grafik (10 soal)

   C. Penalaran

        Analitis (8 soal)

   D. Spasial

  1. Klasifikasi Figural (10 soal)
  2. Analogi Figural (10 soal)
  3. Rotasi 3D (8 soal)
  4. Pola (6 soal)

   E. Konsep Dasar, Fisika, Gerak, dan Mesin

        Mekanik (10 soal)

   F. Penggunaan Bahasa

        Melengkapi Kalimat (10 soal)

   G. Klerikal

  1. Akurasi (30 soal)
  2. Kode Ingatan/Memori (20 soal)

 II. Asesmen Minat (108 butir)

Bacalah petunjuk dan waktu pengerjaan setiap bagian dengan saksama. Anda tidak dapat mengerjakan bagian sebelumnya atau sesudahnya selain alokasi waktu yang sudah ditentukan. Ikutilah alur pengerjaan dengan alokasi waktu masing-masing bagian dengan tertib.

Jawablah semua soal dengan mengklik pada lingkaran yang tersedia sesuai dengan pilihan jawaban Anda. Tidak ada pengurangan nilai untuk soal yang salah. Untuk kuantitatif gunakan kertas buram/HVS sebagai kertas corat-coret, namun tidak boleh menggunakan kalkulator atau alat bantu hitung lainnya.

SELAMAT MENGERJAKAN